--> Skip to main content

Gugup Saat Interview? Begini Solusinya


Gugup Saat Interview? Begini Solusinya


Gugup Saat Interview? Begini Solusinya  - Perasaan gugup ketika melamar kerja adalah hal yang lumrah terjadi pada para jobseekers atau pencari kerja. Entah dia telah memiliki banyak pengalaman ataupun bagi mereka yang baru saja mencari kerja.

Perasaan gugup paling sering dialami oleh para pencari kerja yang baru saja lulus dari pendidikan. Ada begitu banyak hal yang menjadikan mereka gugup seperti takut salah bertingkah, dan masih banyak hal lainnya dalam pikiran mereka.

Ketika seorang pelamar kerja gugup, hal yang biasa dialami adalah berkeringat, tangan dingin, gemetar, kesulitan berkonsentrasi dan lain-lain. Hal semacam ini saya tegaskan adalah hal yang wajar dan hampir semua orang pelamar kerja pernah mengalami hal tersebut. Lantas hal apa saja yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa gugup saat sedang melakukan interview? berikut adalah tips dari Admin.

1. PERCAYA DIRI

Gugup Saat Interview? Begini Solusinya percaya diri
Bukanlah hal baru ketika mendengar kata percaya diri, bukan? sangat mudah untuk mengatakannya akan tetapi begitu sangat sulit untuk dilakukan. Banyak pelamar kerja yang gagal karna kurang percaya diri. Ingatlah satu hal, bahwa jikalau Anda sedang Interview dengan namanya HRD munculkan rasa percaya diri terlebih sebab HRD adalah orang yang terlatih untuk mencari pekerja yang benar-benar berpotensi.

2. BERDOA

Salah satu cara yang menurut Admin untuk menghilangkan gugup adalah berdoa sebelum melakukan proses Interview tersebut, yakinlah bahwa Tuhan akan membantu sesuai dengan usaha maksimalmu. Tapi berdoanya jangan terlalu panjang yah! takutnya ketika namamu dipanggil untuk interview Anda malah tidak mendegarkannya itu akan mengurangi point Anda sebagai pelamar.

3. BERLATIH DI DEPAN CERMIN

Terdengar sangat tidak masuk akal, bukan? tapi salah satu cara menghilangkan gugup adalah berlatih berbicara agar pas tiba waktunya Interview Anda akan menikmati proses Interview tersebut sebagai obrolan saja. Tapi bukan sekedar obrolan yah! karna ini mencakup masa depan Anda sendiri.

Untuk berlatih sendiri, Anda bisa melakukannya didepan cermin ataupun langsung meminta bantuan kepada teman Anda yang sudah pernah melakukan interview dan bisa dibilang sudah banyak pengalamannya.

4. BANYAK MENCARI INFORMASI

Banyak orang yang melamar kerja hanya sekedar melamar tanpa mencari informasi sebelumnya. Entah itu adalah tips melakukan interview, tips membuat cv atau hal lain sebagainya. Mencari informasi adalah hal yang sangat penting, karna dalam Interview kadang obrolan asik dengan menceritakan berbagi hal diluar kemampuan Anda yaitu informasi-informasi yang Anda miliki dan memungkinkan berguna untuk perusahaan. Contoh Anda melamar kerja sebagai sales handphone merk O, dan Anda tahu banyak tentang produk handphone lain serta kekurangan handphone tersebut. Bukankah itu menarik bagi HRD? tapi ingat yah! setuiap HRD itu berbeda dalam hal melakukan interview.

Informasi penting yang perlu Anda dapatkan juga adalah mengenai job description dan profil perusahaan. Jangan sampai tidak sesuai keinginan Anda dan ujung-ujungnya hanya penyesalan yang akan Anda dapatkan.


Sekian mengenai tips dari Admin mengenai Gugup Saat Interview? Begini Solusinya semoga bermanfaat bagi Anda para jobseekers dimanapun berada. Admin hanya manusia biasa yang pernah mengalami hal serupa.

Jangan pernah menyerah untuk masa depan Anda dan jangan pernah mengeluh sebab rezki sudah diatur oleh maha kuasa.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar